Selayang Pandang Pelatihan Metode Sentra

Selama lebih dari satu dasawarsa, Sekolah TK-SD Batutis Al-Ilmi telah menjadi laboratorium Pelatihan Metode Sentra bagi para guru dan orangtua. Hampir sepanjang tahun ajar, silih berganti guru dan orangtua dari berbagai daerah di Indonesia datang untuk mengikuti pelatihan atau observasi studi banding. Mereka datang untuk hijrah menuju cakrawala baru pendidikan yang memuliakan segenap potensi anak yang dititipkan oleh Sang Pencipta.

Mengapa mereka antusias?

Metode Sentra diperkenalkan di Indonesia sejak 1996 oleh drg. Wismiarti Tamin, pendiri Sekolah Al-Falah Jakarta Timur, dan kemudian sempat disebarkan secara resmi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun 2002. Namun di kemudian hari, pelatihan-pelatihan model pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time) karya Dr. Pamela Phelps itu kurang berkembang. Sehingga, Sekolah Al-Falah praktis menjadi satu-satunya penyelenggara pelatihan yang konsisten.

Meskipun demikian, animo kalangan dunia pendidikan pada model pembelajaran Metode Sentra terus tumbuh. Sekolah Al-Falah terus mengadakan pelatihan, baik untuk kalangan orangtua murid internal maupun para guru dari luar, termasuk Sekolah Batutis Al-Ilmi. Setahun setelah berdiri tahun 2005, Sekolah Batutis Al-Ilmi mulai berkhidmat menekuni Metode Sentra dengan belajar ke Sekolah Al-Falah.

Seiring berjalannya waktu, sekolah gratis untuk kaum dhuafa ini mulai memantapkan diri sebagai laboratorium pelatihan untuk bersama-sama Sekolah Al-Falah menyebarkan Metode Sentra. Sampai saat ini tak kurang dari 100 sekolah telah mengirim guru untuk mengikuti Pelatihan Metode Sentra di Sekolah Batutis Al-Ilmi. Selain itu, Sekolah Batutis juga dipercaya oleh pemerintah DKI Jakarta untuk memfasilitasi Pelatihan dan Seminar Metode Sentra bagi para guru dari kelima wilayah.

Diskusi dalam Pelatihan Metode Sentra

 

 

Salah satu keistimewaan Pelatihan Metode Sentra adalah kesederhanaan desain pelatihan yang memungkinkan peserta mendapatkan pemahaman filosofis; dasar-dasar teori pedagogi-psikologi untuk pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar; pedoman operasional; serta dapat merancang alat kerja sekaligus. Dengan model kegiatan aktif-partisipatif, peserta menemukan bentuk-bentuk konkret dari landasan filosofi dan teori melalui observasi, diskusi dan simulasi yang dipandu oleh Chief Trainer Siska Yudhistira Massardi dan Trainer Matatiya Taya Yudhistira.

Pelatihan Metode Sentra membuat peserta mudah mencerna materi secara mendalam, meskipun tidak berlatar-belakang pendidikan keguruan. Tidak jarang, peserta pelatihan yang berlatar pendidikan keguruan merasakan seakan-akan baru menemukan penjelasan riil dari teori-teori yang telah dipelajarinya di perguruan tinggi.

Keistimewaan lainnya, meskipun pelatihan terbagi menjadi tiga modul, secara prinsip peserta sudah dapat menerapkan secara opersional Metode Sentra setelah mengikuti modul satu atau Modul Dasar. Pada umumnya, peserta baru akan datang kembali untuk mengikuti modul lanjut setelah tiga bulan menerapkan Metode Sentra.

Secara garis besar, cakupan modul-modul Pelatihan Metode Sentra adalah sebagai berikut:

Modul Dasar:

Pembangunan Sikap dan Akhlak Mulia
Dasar-dasar Pembelajaran dengan Metode Sentra
Observasi dan Asesmen Pembelajaran

Modul Dua:

Tahap Perkembangan Anak
Kebutuhan Tiga Jenis Main
Kemampuan Keaksaraan (Literacy)
Aplikasi Teori Kecerdasan Jamak
Enam Domain Pembelajaran

Modul Tiga:

Perencanaan Kurikulum
Desain Program Pembelajaran (Learning Program Design)
Asesmen dan Evaluasi Belajar Berbasis Curricular Web Domain
Micro Teaching

Mengingat cakupan materi yang bertitik-berat pada periode pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar, Pelatihan Metode Sentra sangat direkomendasikan sebagai pelatihan standar bagi calon ibu dan ayah. Sebab, sebelum memasuki masa pendidikan formal prasekolah, anak melalui periode paling krusial dan paling pesat perkembangannya dalam asuhan keluarga. Keberadaan ibu dan ayah yang memahami tahap-tahap paling krusial itu penting untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan agar anak tumbuh secara sehat, lancar dan berkualitas.

Peserta Melakukan Observasi di Sentra Persiapan

 

Observasi di Sekolah Dasar

Program Pelatihan, Workshop dan Seminar Sekolah Batutis

1. Pelatihan Regular Metode Sentra Tahap I (Dasar)

Lima hari, Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 s.d. 17.00 WIB
Peserta Maksimum 15 orang dalam satu angkatan
Biaya pelatihan Rp. 1.850.000 per peserta
Biaya sudah termasuk dua kali snack & sekali makan siang setiap hari, training kits dan sertifikat.

2.Pelatihan Regular Metode Sentra Tahap II (Lanjut)

Lima hari, Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 s.d. 17.00 WIB
Peserta Maksimum 15 orang dalam satu angkatan
Biaya pelatihan Rp. 2.350.000 per peserta
Biaya sudah termasuk dua kali snack & sekali makan siang setiap hari, training kits dan sertifikat.

3. Pelatihan Regular Metode Sentra Tahap III (Akhir)

Lima hari, Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 s.d. 17.00 WIB
Peserta Maksimum 15 orang dalam satu angkatan
Biaya pelatihan Rp. 3.350.000 (Dua Setengah Juta Rupiah) per peserta
Biaya sudah termasuk dua kali snack & sekali makan siang setiap hari, training kits dan sertifikat.

4. Pelatihan Intensif Tahap I, II, III

Lima hari, Senin sampai Jumat, dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB
Biaya pelatihan Rp. 2.850.000
Biaya sudah termasuk dua kali snack & sekali makan siang setiap hari, training kits dan sertifikat.

5. Workshop Dua Hari Metode Sentra

6. Seminar Happy Learning (Pengenalan Paradigma Metode Sentra) untuk Guru

7. Seminar Happy Learning (Pengenalan Paradigma Metode Sentra) untuk Orangtua

8. Seminar Membangun Kemampuan Berbahasa

9. Seminar Penyiapan Program Kegiatan Bermakna di Rumah

Besaran biaya pelatihan berlaku untuk 2018. Untuk keterangan lebih lanjut tentang pelatihan, workshop dan seminar, silakan hubungi nomor HP/WA 0812-8130-4090 (Taya)

brosur1